Sidang Gugatan Class Action V “Tanggapan Penggugat terhadap Jawaban Tergugat”

Sidang Gugatan Class Action V “Tanggapan Penggugat terhadap Jawaban Tergugat”

IMG_3111
Seperti sidang sebelumnya, rencana sidang pukul 10.00 tertunda lagi dan baru dimulai pukul 11.15. Sidang ini dipimpin oleh 3 hakim dan dihadiri oleh Kuasa Hukum Penggugat lengkap 4 orang dan perwakilan Kuasa Hukum 2 orang dari Tergugat. Sekitar 50 orang memadati ruang sidang yang terasa sempit. Pada saat sidang dimulai, tampak salah satu wakil Kuasa Hukum Tergugat menelpon. Hakim pun menanyakan siapa yang ditelpon, dan dijawab bahwa dia sedang menelpon wakil Kuasa Hukum rekannya yang masih dalam perjalanan. Demi menghormati sidang dan warga penggugat yang telah datang sekitar pukul 09.00, Hakim memutuskan untuk melanjutkan persidangan.
Seperti yang telah diagendakan, sidang kali ini mempunyai agenda tanggapan Penggugat atas jawaban Tergugat terkait gugatan class action warga Bukit Duri. Pertama, tentang perwakilan warga Pak Mulyadi yang telah meninggal sehingga dianggap tidak sah oleh pihak Tergugat untuk menjadi wakil warga dalam gugatan class action. Tanggapan Penggugat, bahwa sebelum Pak Mulyadi meninggal, Beliau sempat hadir dalam sidang I; dan selanjutnya, posisi Beliau sebagai wakil warga diganti oleh ahli warisnya, yaitu Charlie, Siti Nur Hikmah dan Fatmawati). Kedua, tentang kesamaan fakta dan hukum yang menurutTergugat tidak ada dalam gugatan kategori class action. Menurut Tergugat, faktanya RW 10 sudah digusur sejak Januari 2016 dan dasar hukumnya sudah berbeda karena tuntutan ganti rugi. Tanggapan Penggugat, semua warga penggugat tinggal di Bukit Duri dan semua terkena trase normalisasi; dan dasar hukumnya sama, yaitu Pergub normalisasi yang sudah kedaluwarsa (tidak berlaku).
Selanjutnya, pihak Penggugat memohon agar gugatan class action ini diterima, dan adanya penangguhan pelaksanaan normalisasi sampai ada putusan yang berkekuatan hukum tetap.
Sidang selanjutnya akan dilaksanakan minggu depan, Selasa 2 Agustus 2016 tentang keputusan Majelis Hakim, apakah gugatan ini bisa dikategorikan sebagai gugatan class action. Diharapkan dalam sidang berikutnya bisa dihadiri semua pihak. Meskipun demikian, Hakim tidak mempedulikan kehadiran pihak Tergugat dalam sidang selanjutnya mengingat warga sudah habis-habisan mengeluarkan biaya untuk hadir dalam setiap persidangan. Sidang ditutup pada pukul 11.45.
Komentar & Solusi