SIDANG GUGATAN CLASS ACTION BUKIT DURI KE-12

KEHADIRAN KOMISI YUDISIAL DALAM SIDANG
Selasa, 18 Oktober 2016
Sekitar 30 warga berdatangan memenuhi ruang sidang Candra 6 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada saat lanjutan sidang gugatan class action yang dilakukan warga Bukit Duri. Sidang dibuka pada pukul 10.45 WIB, mundur 45 menit dari jadwal yang direncanakan. Kuasa Hukum penggugat dihadiri 3 orang, demikian juga Kuasa Hukum tergugat yang hadir 3 orang.
Sebelum acara sidang dimulai, kuasa hukum penggugat menyatakan bahwa materi gugatan tetap tidak ada perubahan. Selanjutnya, penggugat membacakan resume tuntutan kepada tergugat termasuk tuntutan ganti rugi atas penggusuran yang telah dilakukan Pemprov pada tanggal 28 September 2016 meskipun proses sidang masih berlangsung.
Menanggapi tuntutan penggugat, kuasa hukum tergugat meminta waktu selama 3 minggu untuk mempelajari dan memberi jawabannya.
Berbeda dengan situasi sidang pada sebelumnya, kali ini situasinya sangat kondusif bagi warga Bukit Duri karena kehadiran Komisi Yudisial. Sebelumnya, sidang ke-11, tanggal 11 Oktober 2016 diwarnai protes warga karena terkesan ketidak-netralan majelis hakim dalam menangani gugatan warga Bukit Duri. Karena kesan tidak netral ini, pihak penggugat melaporkan majelis hakim ke Komisi Yudisial.
Sekitar pukul 11.30 sidang ditutup dan akan dilanjutkan pada 3 minggu ke depan sesuai permintaan tergugat, yaitu pada tanggal 8 November 2016.

Komentar & Solusi