Komunitas Ciliwung Merdeka Akan Pentaskan ‘Healing HeARTs’ 28 November

Tia Agnes Astuti – detikhot
Rabu, 04/11/2015 08:32 WIB

balet CM

Pertunjukan balet masih dipandang barang mewah dan tak biasa di kalangan masyarakat Jakarta. Namun, sebenarnya seni tari balet bisa sebagai sarana penyembuh luka dan depresi bagi publik kota.

Untuk melipur hati anak-anak Ciliwung Merdeka yang kenyang menghadapi persoalan ibukota seperti penggusuran dan banjir, anak-anak tersebut diberikan kesempatan untuk belajar balet sejak Agustus lalu. Tarian yang dipelajarinya merupakan fusi tarian balet dan Sunda.

“Seni adalah obat,” ucap pimpinan Komunitas Ciliwung Merdeka, Sandyawan Sumardi, dalam keterangannya kepada detikHOT, Rabu (4/11/2015).

Pertunjukan yang berjudul ‘Healing HeARTs’ akan dibuka dengan penampilan balet klasik bernuansa Sunda ‘Kabayan dan Nyi Iteung’. Tarian tersebut akan dibawakan secara berpasangan atau ‘pas de deux’ oleh penari Marlupi Dance Academy.

‘Healing HeARTs’ diadakan oleh Komunitas Ikatan Terapi Musik Indonesia berkolaborasi dengan penari ballet dari ballet.id dan EKI Dance Company. Pentas yang bertujuan untuk menciptakan sebuah pertunjukkan ballet diiringi live music (piano dan biola) yang menekankan pada kekuatan seni sebagai penyembuh (healing).

Pertunjukan ini diilhami oleh jiwa dari terapi musik yang merupakan cabang dari terapi seni ekspresif yaitu kekuatan seni yang dapat menggugah bahkan menyembuhkan setiap jiwa. Pementasannya akan diselenggarakan pada 28 November 2015 pada pukul 13.00 dan 19.00 WIB di Tugu Kunstkring Paleis lantai 2, Jalan Teuku Umar Nomor 1.

‘Ballet at Kunstkring series: Healing HeARTs’ dipersembahkan oleh ballet.id bekerja sama dengan Tugu Kunstkring Paleis dan didukung oleh Kedutaan Australia dan Sjuman Instruments.
(tia/tia)

Sumber : detik.com

Komentar & Solusi