Kampung Sawah

Oleh: Tri Indah Oktavianti/ The Jakarta Post

Tri Indah Oktaviani, calon jurnalis The Jakarta Post yang mengikuti live in di Kampung Sawah, Duren Sawit.

Raniyem (58) atau yang biasa dipanggil dengan panggilan Ibu Pur, sudah menempati rumah kecilnya di Kampung Sawah Cipinang Muara 2 selama 40 tahun. Ibu Pur dan suaminya, Pak Sokiman (74), tercatat sebagai salah satu KK dari total 57 KK di RT 13/ RW 02. Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Rumah di gang Islah 1, Jl. Haji Hanapi milik IbuPur dan Pak Sokiman ini menjadi saksi ketangguhan keluarga ini.

Warga RT 13 yang berjumlah 185 orang memanggil Ibu Raniyem sebagai Ibu Pur dari nama anak kedua Ibu Raniyem sendiri, Purwadi (sekarang almarhum) yang meninggal dunia karena sakit. Anak ketiga IbuPur, Juli Misdiantoro atau yang biasa di panggil Toro, menjadi salah satu korban kebakaran Mall Yogya Klender 15 Mei 1998. Saat ini, Ibu Pur dan Pak Sokiman, Sunardi, yang juga tinggal Bersama anak dan istrinya. Anak bungsu Ibu Pur, Joko, bekerja menjadi sopir untuk keluarga H. Narto yang juga merupakan tokoh yang dituakan oleh warga Kampung Sawah.

Dalam kesehariannya, IbuPur berjualan sayur segar di depan gang Islah 1, sejak pukul 6 pagi hingga 2 siang. Ia memasok sayuran segar yang ia jual dari pasar besar Klender. Menggunakan transportasi ojek warga atau mikrolet, Ibu Pur berangkat ke pasar sekitar pukul 4 hingga 5 pagi. Sebelum berangkat ke pasar, Ibu Pur akan menyiapkan air hangat untuk mandi Pak Sokiman yang rutin untuk pergi sholat subuh berjamaah di masjid Nurul Iman yang berjarak sekitar 3 menit dari rumah. Pak Sokiman yang didiagnosa dengan penyakit jantung sejak 5 tahun lalu, harus rutin mengkonsumsi obat setiap hari. Obat-obat Pak Sokiman pun rutin dibeli dari puskesmas terdekat yaitu Puskesmas Pondok Bambu Cipinang Muara 2 oleh Ibu Pur.

Terlepas dari hidupnya yang berliku-liku dan penuh perjuangan. Ibu Pur merupakan sosok perempuan ramah yang mudah membangun hubungan kekerabatan dengan siapa saja. Terbukti dengan bagaimana Ia mengenal hampir semua orang yang Ia temui di jalan sekitar Kampung Sawah. Para tetangga sekitar kerap kali mengirimkan makanan ke rumah Ibu Pur atau bahkan sekedar berkunjung ke rumah Ibu Pur untuk berbagi cerita. Tidak hanya menawarkan senyum dan makanan, warga RT 13 Kampung Sawah memang terkenal dengan kekeluargaan dan kerukunan antar warganya. ***

Komentar & Solusi
Skip to toolbar