Kampung Akuarium

Oleh: Galih Gumelar/ The Jakarta Post

Galih Gumelar, calon jurnalis The Jakarta Post yang mengikuti live in di Kampung Akuarium

Kampung Akuarium adalah sebuah perkampungan yang terletak di Jl. Pasar Ikan RT 012/ 09, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Seluruh hunian permanen kampung ini sudah digusur pada 2016, dan kini dibangun kembali penampungan sementara (shelter) di atasnya.

Saat ini, terdapat 90 shelter yang terbagi ke dalam tiga blok, yakni Blok A, Blok B, dan Blok C. Seluruh shelter ini dihuni oleh 103 kepala keluarga dengan jumlah penduduk mencapai 912 orang. Seluruh shelter ini sudah dialiri listrik yang berasal dari tiga SPLU milik PT PLN (Persero), air bersih yang berasaldari PT PAM Lyonnaise Jakarta (Palyja), fasilitas MCK di tiga titik, satu unit mushola, dan satu unit PAUD yang menampung 16 siswa.

Kampung Akuarium sangat dekat dengan akses fasilitas umum seperti kesehatan dan Pendidikan. Untuk kesehatan, terdapat dokter dari Puskesmas yang datang secara perkala perminggu. Dari segi pendidikan kampung ini dekat SDN 01 Penjaringan, SMPN 21, dan SMPN 22. Kampung ini juga dekat dengan transportasi umum seperti mikrolet Kompami 02 yang melayani rute Pasar Senen – Pluit dan MIS yang bergerak dari Jakarta Kota – Pasar Ikan. Terdapat dua tokoh yang dijadikan pemimpin kampung ini, yakni Topaz Juanda selaku ketua RT dan Darma Dian: sebagai koordinator warga. Kampung ini memiliki karakter khas yakni menyediakan bahan makanan secara swadaya, terdiri dari berbagai suku, dan sebagian bekerja di kelautan. ***

Komentar & Solusi
Skip to toolbar